Pelatihan ACLS

Pelatihan ACLS untuk Perawat dan Bidan RSUD Sosodoro

ACLS (Advanced Cardiac Life Support) merupakan pelatihan kegawatdaruratan jantung tingkat lanjut yang rutin diselenggarahan oleh RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo. Pelatihan yang bekerjasama dengan PERKI Surabaya, ini dilaksanakan pada tanggal 10-12 Maret 2022, dan diawali dengan penyampain sambutan oleh Bupati Bojonegoro Dr. Hj.Anna Mu’awanah melalui Zoom. Direktur RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo, dr. Ahmad Hernowo Wahyutomo, M.Kes, turut serta memberikan sambutan di hari pertama pelatihan ACLS ini. Selain Bupati dan Direktur, perwakilan dari PERKI Surabaya, dr. Agus Subagjo, Sp.JP (K) FIHA juga hadir langsung di RSUD Dr.R. Sosodoro Djatikoesoemo.

Di hari pertama, peserta yang terdiri dari perawat dan bidan ini mendaptakan pemaparan materi secara langsung dan melalui Zoom. Perlu diketahui, pelatihan ACLS ini menggunakan metode blended learning, sehingga walaupun pada hari pertama dilakukan pembelajaran secara virtual, tetap ada interaksi antara narasumber dan peserta.

Hari kedua pelatihan, narasumber dr.Agus Subagjo, Sp.JP (K) FIHA menyampaikan materi Skill BHD dan Chocking dengan disertai penayangan video dan diskusi. Setelah penyampaian materi, peserta berpindah ke Gedung H Lantai 3 untuk latihan Megacode dengan instruktur masing-masing.

Pelatihan ACLS 2022

Hari terakhir pelatihan, peserta melakukan post test di Auditorium Selasih Gedung B Lantai 3 sebelum kemudian melanjutkan ujian Megacode dan Airway di Gedung H Lantai 3. Instruktur yang hadir diantaranya adalah Dr.dr.Budi Arief Waskito, Sp.JP, FIHA;  dr. Agus Subagjo, Sp.JP (K) FIHA; dr. Wahyu Widjanarko, Sp.JP,FIHA; dr. Drastis Mahardiana, Sp.JP, FIHA; Ns.Kurniawati, SST. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini seluruh peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam keberhasilan menolong pasien dengan kasus henti jantung yang mengancam nyawa melalui kerjasama tim dalam melakukan resusitasi.

Leave a Reply

Dr. Boy Hariyadi, Sp.A

Demo Description


This will close in 20 seconds