https://cms.uki.ac.id/demo/ https://sigastra.radenintan.ac.id/app/sgacor/ https://elearning.unisbank.ac.id/css/ https://alatberatbekasjepang.com/ https://rumahnegara.imigrasi.go.id/rumah-dinas/-/ https://cms.uki.ac.id/pict/spulsa/ https://portaltest.hubla.dephub.go.id/storage/app/ http://uu-ciptakerja.go.id/asset/app/ https://e-mahan.lampungprov.go.id/demo/ https://eadmin.gkjw.or.id/sdana/ http://mpbi.fkip.unib.ac.id/wp-includes/app/ https://library.usm.ac.id/wp-includes/demo/
Pelatihan Pembacaan Elektrokardiografi dan Penggunaan AED – RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo

Pelatihan Pembacaan Elektrokardiografi dan Penggunaan AED

RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro sebagai Rumah Sakit rujukan tertinggi di Kabupaten Bojonegoro berupaya untuk berperan serta aktif dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan rujukan di Kabupaten Bojonegoro. Namun, sistem rujukan pasien dirasakan masih kurang efektif dan efisien, dimana masih banyak masyarakat yang belum bisa menjangkau palayanan kesehatan. Beberapa faktor yang memicu permasalahan tersebut, seperti ketidaksiapan tenaga kesehatan, kurangnya fasilitas di layanan kesehatan primer serta kompetensi tenaga kesehatan yang merujuk belum sesuai dengan standar. Kondisi tersebut juga terjadi di RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, dimana masih sering dijumpai rujukan gawat darurat yang belum tertata dengan baik, seperti pasien yang dirujuk namun tidak memenuhi kriteria gawat darurat, pasien yang belum distabilisasi dengan baik, pasien yang datang sendiri tanpa menghubungi penerima rujukan serta lamanya proses rujukan sehingga menunda pemberian pertolongan awal pada pasien. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya update kegawat daruratan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan dalam penanganan kegawat daruratan, salah satunya dengan menyelenggarakan Pelatihan Pembacaan Elektrokardiografi dan Penggunaan AED. 


Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 18 dan 24 Oktober 2022 di Eastern Hotel Bojonegoro. Acara yang dihadiri oleh perawat dan dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta, Klinik, dan Puskesmas se-Kabupaten Bojonegoro ini diawali dengan pembukaan serta arahan dari Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melalui Virtual Zoom. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh narasumber Andrianto, MD.,PhD.FIHA.FAsCC dengan materi Konsep Dasar EKG. Sedangkan untuk materi kedua disampaiakn oleh Meity Ardiana, MD.,PhD.FIHA.FAsCC dengan materi Aritmia Supraventrikel, dan materi terakhir terkait  Aritmia Ventrikel disampaikan oleh dr. Ahadi, Sp. JP. Untuk acara hari kedua, akan dilaksanakan pada hari Senin, 24 Oktober 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Dr. Boy Hariyadi, Sp.A

Demo Description


This will close in 20 seconds